APEL SIAGA HADAPI BENCANA


Apel Siaga Bencana dalam Rangka Kesiapan Menghadapi Bencana Banjir, Angin Puting Beliung dan Tanah Longsor di Kabupaten Demak Tahun 2020.
Antisipasi bencana alam, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam dalam rangka kesiapan menghadapi bencana banjir, angin puting beliung, dan tanah longsor, Selasa (27/10/2020)

Apel kesiapsiagaan di halaman Setda Kabupaten Demak, dihadiri oleh Bupati Demak M Natsir, Dandim Demak Letkol Inf. Muhammad Ufiz, Kapolres Demak AKBP Andhika Bayu Adittama, Ketua DPRD Demak Selamet Bisri, Kajari Demak Suhendra SH, Ketua PN Demak Agam Syarief Baharudin, serta Ketua Pelaksana BPBD Demak Agus Nugroho.
.
Bupati Demak M Natsir, mengatakan bahwa pemerintah,  masyarakat dan aparat harus senantiasa bersinergi dalam penanganan bencana untuk mengurangi dampak resiko akibat bencana, sehingga meminimalisir korban jiwa dan materiil.
Antisipasi bencana juga perlu dilakukan, untuk  melindungi masyarakat dari berbagai macam bencana yang terjadi.
“Bencana terjadi tanpa diduga, karena itu  perlu kesiapsiagaan semua pihak. Ketika bencana terjadi, resikonya bisa ditekan seminimal mungkin,” kata Bupati Natsir dalam amanatnya.

Sementa itu, Kapolres Demak AKBP Andhika menambahkan, personel Polres Demak harus siap siaga menghadapi berbagai macam bencana yang terjadi. Mengingat kondisi geogrfafis Kabupaten Demak berada di wilayah hilir mengakibatkan rawan bencana seperti banjir, tanah longsor dan puting beliung

Selain itu, Korps Bhayangkara juga juga harus mewaspadai bencana lainnya seperti rob, maupun kebakaran di bumi para wali ini

“Ya, kita instruksikan seluruh jajaran agar senantiasa siap siaga menghadapi berbagai bencana dan segera melakukan langkah tanggap darurat,” kata Kapolres Demak AKBP Andhika, seusai apel kesiapsiagaan Bencana Alam

Selain menyiapkan personel yang rutin menggelar latihan (simulasi) penanganan bencana, Polres Demak juga telah menyiapkan peralatan pendukungnya

“Personil siap. Perlengkapan ada, meskipun dari skala daerah masih butuh banyak sarana untuk  dilengkapi,” ujarnya

Bersama TNI, PMI, BPBD Demak serta relawan bencana maupun unsur terkait lainnya, Polres Demak  senantiasa berkoordinasi apabila terjadi bencana dan  langkah antisipasi  bencana yang terjadi di wilayah demak.