DROPPING AIR BERSIH OLEH BPBD DI KEC. SAYUNG


DEMAK – Krisis air bersih akibat kemarau terjadi di wilayah Kabupaten Demak, salah satunya di Desa Banjarsari Kecamatan Sayung. Bantuan air bersih juga diberikan dari Pemerintah Kabupaten Demak khususnya oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jumat (24/09).

Bantuan air bersih untuk Desa Banjarsari berjumlah lima tangki yang berasal dari BPBD Kabupaten Demak.
Kasi Tanggap Darurat BPBD Demak Afifur mengatakan, desa yang terpantau mengalami kesulitan air bersih di musim kemarau, kata Afifur, BPBD Demak telah mengerahkan armadanya untuk membantu pasokan air bersih.

Sebelum kesulitan air bersih semakin parah, lanjut Afifur, BPBD Demak memasok air bersih ke tengah-tengah warga. Hari ini, warga mendapat pasokan air bersih sebanyak 5 tangki dengan total air 5.000 liter. “Karena masih di masa pandemi COVID-19, pembagian air pun kita lakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” terangnya.

Selain sudah mengalokasikan bantuan air bersih di desa ini, tambah Afifur, BPBD juga tengah memantau puluhan desa lainnya di Kabupaten Demak yang biasanya juga mengalami kesulitan air. Dia berharap, musim kemarau tahun ini desa-desa yang biasanya mengalami kekeringan dan krisis air bersih tidak terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun, ia mengajak semua pihak untuk tetap waspada.

“Silahkan warga menghubungi BPBD Demak melalui kepala desa dan camat agar kami bisa segera bisa melakukan dropping air bersih. Tidak ada biaya apapun bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan air bersih. Gratis,” ujarnya.