Siaga Banjir, Longsor dan Puting Beliung


Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Demak mengatakan, memasuki musim penghujan sejumlah daerah harus waspada atas ancaman berbagai bencana seperti banjir, angin puting beliung, longsor, dan sebagainya.

Pihaknya melakukan koordinasi dan saat ini masih dalam tahap memetakan wilayah rawan bencana dalam arti daerah mana saja yang biasanya terkena bencana.

Dia mengatakan, pihaknya akan merapatkan kembali masalah ini dengan instansi terkait untuk mengantisipasi bencana tersebut. Selain pemetaan, juga dilakukan upaya dan langkah penanganan dan dari situ, rencananya pekan depan akan diterapkan status siaga bencana hidrometeorologi, termasuk banjir dan longsor, kata dia.

Sementara tahapan penanganan, kata dia, pihaknya sudah mengintruksikan semua intansi untuk menyiagakan alat berat di lokasi rawan bencana. Selain itu juga menyiapkan sarana dan fasilitas yang membantu dalam upaya penanganan bencana seperti perahu karet dan sebagainya.

Dia mengatakan, sementara untuk langkah selanjutnya pihaknya telah meminta instansi untuk segera menyiapkan bantuan seperti logistik, makanan dan sebagainya untuk korban terdampak bencana.

Pihaknya juga sudah meminta kepada pemerintah kabupaten dan kota untuk melakukan hal serupa, siaga dalam mengantisipasi bencana ini.

Bahkan dengan cuaca tidak menentu sekarang ini pihaknya memerintahkan kepada seluruh bupati dan wali kota agar selalu siaga akan bencana banjir, longsor termasuk angin kencang.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan forum koordinasi pimpinan daerah berkaitan dengan masalah-masalah yang saat ini terjadi, maupun antisipasi terkait kemanan, cuaca termasuk cuaca tidak menentu.