BPBD Assesment Rumah Roboh Dk. Klitih Kec. Wedung


DEMAK- Rabu, Menjadi hari yang menyedihkan bagi Ibu Sumir warga Desa Ngruwit Kecamatan Wedung. Pasalnya, pada saat Ibu Sumir sedang bekerja sebagai buruh tanam padi, tiba – tiba ada tetangga yang menjemputnya di sawah dengan membawa kabar bahwa rumahnya roboh. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 05.30 pagi hari dengan kondisi rumah kosong. Seketika itu, Ibu Sumir pulang dengan wajah pucat pasi.

Mendengar kabar tersebut, BPBD Kabupaten Demak bergegas menuju lokasi kejadian untuk melakukan assesment dan kerusakan dan kerugian pasca bencana hujan deras pada malam harinya dengan kondisi rumah sudah rapuh yang diketuai Ali Mustain selaku Kasi Rekonstruksi BPBD Kabupaten Demak (01/11/2021).

Pada kegiatan assesment diperoleh data bahwa kerusakan dan kerugian yang diderita Ibu Sumir ditaksir senilai Rp 45.000.000,00 (empat puluh lima juta rupiah), dengan rincian:

  • Bangunan rumah berukurran 5 x 12 m2 yang terbuat dari kayu, beratap genting, berlantai ubin ditaksir senilai Rp 35.000.000,00
  • Benda dan perkakas rumah seperti meja kursi, dipan, almari, televisi, perlengkapan rumah tangga ditaksir senilai Rp 10.000.000,00

Seusai assesmen berlangsung, tim BPBD Kabupaten Demak berkomunikasi dengan Kepala Desa setempat untuk membahas pengajuan bantuan Pembangunan Baru kepada Disperakim Provinsi Jawa Tengah. Semoga pengajuan bantuan yang diupayakan membuahakan hasil yang baik guna pembangunan kembali rumah Ibu Sumir.