Tim Rekonstruksi BPBD Assesment korban Atap Rumah Roboh


Kasi Rekonstruksi BPBD Kabupaten Demak, Ali Mustain, SE., MM bersama stafnya melakukan giat assesmen kerusakan dan kerugian atap rumah roboh milik Ibu Markini (60 tahun) pada Selasa, 09 November 2021 di Dk. Pangkalan RT 02 RW 06 Desa Kalianyar Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak. Rumah tersebut dihuni Ibu Markini bersama 1 anak dan 1 cucunya. Dalam giat tersebut, tim assesmen BPBD didampingi perangkat desa dan ketua PKK desa setempat.

Peristiwa robohnya atap rumah Ibu Markini, terjadi pada Senin, 08 November sekitar pukul 08.45. Pada saat terjadinya peristiwa, rumah dalam kondisi kosong dan tidak diketahui penyebabnya secara pasti. Namun, peristiwa diduga karena kondisi rangka atap yang sudah tua dan malam harinya diguyur hujan disertai angin kencang.

Berdasarkan hasil assesmen, rumah milik Ibu Markini berukuran 8 x 12 m2 denganbangunan terbuat dari dinding tembok, alas padas dan atap genting. Bagian atap yang rusak ditaksir berukuran 8 x 8 m2 yang memiliki rangka sudah lapuk dan pada bagian samping, terlihat rangka atap yang tidak kuat menahan beban genting.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, akan tetapi kerusakan ditaksir mencapai Rp 15.000.000,00 dengan rincian sebagai berikut:

  • Genting dan rangka atap rusak bagian depan sebesar 25%
  • Kernit bagian teras rusak 10%

Hingga pelaksanaan assesmen, kondisi atap yang rusak belum diperbaiki. Semoga pemilik rumah segera melakukan perbaikan guna mengantisipasi bertambahnya resiko yang terjadi.