Pelepasan Bantuan Erupsi Gunung Semeru oleh Bupati Demak


DEMAK – 30 Desember 2021 bertempat di halaman BPBD Kabupaten Demak menjadi saksi pemberangkatan pengiriman bantuan bagi korban Erupsi Gunung Semeru Kabupaten Lumajang yang dipimpin langsung oleh Ibu Bupati, dr. Hj Eisti’anah, SE didampingi Kalaksa BPBD Kabupaten Demak Bapak Agus Nugroho LP sekaligus koordinator penghimpunan donasi bagi para korban disekitar gunung Semeru, Kabupaten Lumajang Jawa Timur.

Turut hadir pula dalam acara tersebut para donatur yang berasal dari sektor pemerintah, swasta, BUMD, lembaga pendidikan maupun masyarakat umum. Adapun para donatur yang terlibat dalam aksi charity ini adalah Ibu Bupati Demak, Komisi C DPRD Kabupaten Demak, Innova Kalijaga, Demak Sunmori, PKBM Be Smart, Reinz Cafe, BKK Jateng, PT. Demak Sarana Sehat, PT. LKD Demak Sejahtera, PDAM Demak, BPR BKK Demak, BPBD Kabupaten Demak, PGRI Kabupaten Demak, Sekretariat DPRD Kabupaten Demak, Baznas, Anwusa Demak, Bank Jateng, SMAN 1 Karangtengah, Kurnia Digital Printing, IDI Kabupaten Demak, Pramuka, SMAN 2 Mranggen serta donatur lain yang tidak disebutkan.

            Penghimpunan donasi yang dilakukan BPBD Kabupaten Demak memiliki tujuan untuk membantu meringankan beban para korban Erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang. Selain itu, juga untuk mengasah dan meningkatkan rasa empati kepada saudara kita yang tertimpa musibah. Bukankah sebaik – baik manusia adalah yang mampu menebar manfaat bagi sesama? Sehingga berbagai upaya dilakukan BPBD Kabupaten Demak dalam aksi ini, yaitu dengan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, seperti Cafe Reinz, menghubungi pihak – pihak terkait guna terlaksananya aksi charity penggalangan donasi korban Erupsi Semeru.

            Berbagai macam donasi diterima BPBD Kabupaten Demak, baik yang berupa uang maupun logistik. Per 30 Desember 2021, donasi yang dihimpun BPBD Kabupaten Demak menembus angka Rp. 170.735.000,00. Donasi uang yang diterima selanjutnya disalurkan melalui transfer. Selain berupa uang, donasi yang diterima juga ada yang berbentuk logistik; seperti sembako, perlengkapan mandi, pakaian, susu, pempes, pembalut hingga makanan ringan.

            Dalam sambutannya, Ibu Bupati menyampaikan bahwa “Kita sesama saudara, keluarga kita di Semeru mendapatkan musibah dari Allah. Sebagai saudara, kita disini berbagi dengan mereka dengan mendonasikan apa yang kita punya. Semoga apa yang kita donasikan benar – benar bisa membantu keluarga kita disana. Semoga Allah mencatat amal kita dan menerimanya sebagai bekal di akhirat nanti”.

Kegiatan pemberangkatan tim penyalur bantuan ditutup dengan doa bersama dengan harapan supaya pengiriman bantuan diberikan kelancaran serta keselamatan, baik personilnya maupun bantuan yang dibawanya hingga kembali ke Kabupaten Demak. Secara simbolis, acara pemberangkatan bantuan ditandai dengan diangkatnya bendera oleh Ibu Bupati di depan 2 armada yang mengangkut logistik dengan disaksikan oleh undangan yang hadir. Suara sirine mobil pun dinyalakan sebagai tanda bahwa armada pengangkut bantuan siap berangkat dari Kabupaten Demak menuju Kabupaten Lumajang.

Adapun 2 armada yang diberangkatkan menuju Lumajang terdiri dari 1 mobil  double cabin silver dan 1 mobil truk serbaguna yang memuat logistik. Persiapan dan penataan logistik telah dilakukan satu hari sebelum pemberangkatan oleh karyawan BPBD Kabupaten Demak dengan dibantu peserta magang dari SMK 1 Demak dan SMK Al Madatsir.

Semoga bantuan yang disampaikan bermanfaat bagi korban di Kabupaten Lumajang serta menjadi amalan sholihah bagi para donatur. aamiin