Seminar Motivasi Masa Pandemi dan Simulasi Kebakaran di MTs Al Irsyad Gajah


Mengawali tahun baru 2022, BPBD Kabupaten Demak Melaksanakan Giat Sosialisasi dan Edukasi Kebencanaan  di Yayasan Pendidikan Islam MTs Al Irsyad Gajah. Dalam giat ini, BPBD Kabupaten Demak menggandeng Damkar dan Psikolog untuk menunjang kelancaran acara. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara HUT MTs Al Irsyad Gajah yang ke 44 yang tepatnya dilaksanakan pada Sabtu 7 Januari 2022.

Giat yang dilaksanakan di MTs Al Irsyad Gajah bertujuan untuk mensosialisasikan pentingnya kesiapsiagaan dan kemampuan bangkit dalam menghadapi berbagai situasi bencana. Salah satunya bencana pandemi yang secara resmi belum dinyatakan berakhir yang berdampak pada berbagai sektor kehidupan. Terlebih di dunia pendidikan, yang telah mengubah suasana pembelajaran dari luring menjadi daring, yang tentunya berdampak pada semangat belajar mengajar siswa maupun guru. Dengan harapan, materi yang disampaikan mampu membangkitkan kembali semangat guru dalam mengajar yang nantinya berefek dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa.

Giat sosialisasi – edukasi dikemas melalui 2 bentuk. Pertama, kegiatan simulasi memadamkan api dengan peserta dari siswa MTs Al Irsyad Gajah dan SD sekitar Gajah. Perlengkapan simulasi yang digunakan meliputi karung goni, tabung besar, bensin dan korek api. Selain diajari strategi memadamkan api dalam satu titik, siswa juga diajari trik memadamkan api yang menjalar. Selama praktek memadamkan api, anak terlihat antusias dan melaksanakan arahan dari tim pemadam dengan benar. Kedua, kegiatan seminar yang bertema membangkitkan motivasi belajar pasca pandemi dengan peserta berasal dari guru SD di Kecamatan Gajah, MTs dan MA Al Irsyad. Pada sesi seminar, terdapat 2 pemateri yang hadir; pertama, Kalaksa BPBD Kabupaten Demak Bapak Drs. Agus Nugroho Luhur Pambudi yang memaparkan materi kebencanaan yang dikaitkan dengan motivasi berprestasi bagi siswa di era pandemi. Kedua, Psikolog, Ibu Nur Chasanah, S.Psi., MM., M.Psi dengan materi teknis tentang membangkitkan motivasi pasca pandemi. Seluruh peserta terlihat antusias selama seminar berlangsung dan beberapa mengutarakan pertanyaan kepada narasumber.

Semoga rangkaian kegiatan yang dikemas BPBD Kabupaten Demak memberikan manfaat bagi peserta kegiatan dan sekaligus bisa digethok tularkan kepada sesama guru dan masyarakat lain supaya memiliki gambaran tentang kesiapsiagaan dan upaya bangkit dari situasi bencana, khususnya dalam menghidupkan kembali motivasi belajar siswa di situasi pandemi ini.