SILATURAHMI VIRTUAL, SOLUSI PENGGANTI MUDIK


Silaturahmi merupakan sebuah amalan yang mulia karena dengannya bisa mempererat tali persaudaraan, baik kepada keluarga, kerabat, teman maupun tetangga. Pengertian atau istilah silaturahmi sendiri sebenarnya  sudah cukup akrab dan popular di dalam pergaulan umat Islam sehari-hari.

Silaturahmi adalah tradisi saling mengunjungi atau berkunjung kepada saudara, kerabat, atau sahabat agar hubungan kekeluargaan, kekerabatan, dan persahabatan tidak terputus. Istilah silaturahmi sendiri secara umum dapat diartikan dengan menghubungkan tali kekerabatan, atau menghubungkan kasih sayang dengan cara saling berkunjung terutama terhadap saudara atau anggota keluarga sendiri bahkan terhadap tetangga atau saudara seiman. 

Kebiasaan silaturahmi dengan balik ke kampung halaman bagi sebagian orang yang berada dalam perantauan disaat lebaran terkadang dianggap sebagai sebuah keharusan, namun kali ini sepertinya kita harus bersabar dulu, menahan diri dulu untuk membatasi diri agar tidak bertemu secara fisik  dalam rangka mengikuti himbauan pemerintah sebagaimana yang telah diatur dalam peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) dan  Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri Komisaris Besar Ahmad Ramadhan yang mengatakan, tentang larangan mudik masih berlaku untuk jalur kendaraan sejak 24 April hingga 31 Mei 2020 mendatang. 

Di era modern ini dimana dunia teknologi dan era informasi telah maju pesat kita dapat memanfaatkan silaturahmi pengganti mudik ini dengan melakukan “Silaturahmi Virtual” secara online yaitu dengan memanfatkan WhatsApp yang berada di aplikasi handphone atau laptop untuk video Call atau aplikasi lain seperti via Zoom Cloud Meeting, Line, Skype, Hangouts yang semuanya dapat dg mudah di download via aplikasi playstore.