Verifikasi dan Verivali Ajuan Bantuan Peningkatan Kualitas Warga Terdampak Bencana Angin Puting Beliung


Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Verifikasi dan Validasi (Verivali) ajuan bantuan Peningkatan Kualitas Rumah (PKR) di Desa Balerejo Kecamatan Dempet Kabupaten Demak pada hari Jum’at, 04 Maret 2022. Rumah – rumah yang verivali merupakan rumah yang terdampak bencana angin puting beliung di akhir tahun 2020 yang pernah diajukan proposal bantuan ke Disperakim oleh BPBD Kabupaten Demak.

Pada kegiatan verivali tersebut, BPBD Kabupaten Demak melakukan pendampingan bersama perangkat desa setempat. Tim verivali dari Disperakim Provinsi Jawa Tengah dipimpin oleh Bapak Abiyudha Gani Mahendra, S.T bersama 2 staf lainnya. Sedangkan BPBD Kabupaten Demak diwakili Dewi Fatimah, S.Psi dan setiap dukuh didampingi Kadus masing – masing.

Jumlah rumah di Desa Balerejo Kecamatan Dempet yang diverivali sebanyak 43 unit yang tersebar di 5 dukuh (Dukuh Tempel, Dukuh Balongkendal, Dukuh Gendok, Dukuh Duari dan Dukuh Maredan. Adapun jumlah rumah di masing – masing dukuh sebagai berikut:

  1. Dukuh Tempel sebanyak 7 rumah
  2. Dukuh Balongkendal sebanyak 5 rumah
  3. Dukuh Gendok sebanyak 7 rumah
  4. Dukuh Maredan sebanyak 17 rumah
  5. Dukuh Duari sebanyak 7 rumah

Dari hasil verivali, ditemukan bahwa mayoritas rumah warga terdampak bencana dalam kondisi memprihatinkan. Kebanyakan rumah terbuat dari bambu dengan kondisi yang sudah lapuk, beberapa dinding rumah tampak miring (ndoyong) dan lantai masih berupa tanah. Semoga hasil verivali yang dilakukan membuahkan hasil yang maksimal sehingga warga desa yang diajukan bisa memperoleh bantuan Peningkatan Kualitas untuk memperbaiki rumah huniannya dan bisa tinggal dengan lebih aman dan nyaman.